• Blog Stats

    • 11,462 hits

Water for Pharmaceutical Use

Air dipakai secara luas di dunia kefarmasian sebagai bahan awal atau bahan baku dalam formulasi atau bisa juga hanya dipakai sebagai bahan untuk pembersihan. Dengan grade yang bermacam- macam, pemakaian air jadi sangat bervariasi tergantung dari tujuan kita memakainya. Kita akan bicarakan macam- macam air yang dipakai di dunia kefarmasian berdasarkan gradenya.

Grade air untuk farmasi :

  1. Raw Water : adalah air yang diperoleh dari dalam tanah dengan bantuan submersible pump dan sudah mengalami desinfeksi menggunakan chlorin kemudian ditampung di tanki penyimpanan. Air ini dikenal juga sebagai deep well water. Pemakaian air ini adalah untuk proses sehari- hari diindustri seperti pencucian di kantin, penyiraman tanah, dan untuk kamar mandi dan toilet. Raw water ini adalah bahan baku untuk air dengan grade yang lebih tinggi yaitu filter water.
  2. Filter Water : adalah raw water yang diproses lebih lanjut dengan proses filtration menggunakan multi media filter. Filter water dipakai sebagai bahan baku pembuatan Purified water atau deionized water.
  3. Purified Water : adalah demineralisasi air menggunakan purified generator yang berupa Reverse osmosis atau resin anion- kation. Purified water ini dipakai sebagai bahan baku proses produksi obat non steril setelah lulus uji dari Quality Control, adapun standar umum dari Purified water ini adalah konduktivitas yang tidak boleh melebihi 1,3 µS/ cm2 pada temperatur 25°C dan jumlah koloni bakteri tidak lebih dari 100 col/ ml serta tidak mengandung bakteri E. Coli. Purified water juga dipakai sebagai air untuk membersihkan mesin setelah proses produksi.
  4. Water for Injection : adalah air bebas pyrogen yang dibuat dari proses depirogenasi purified water menggunakan water for Injection generator. Air jenis ini dipakai sebagai pelarut obat tetes mata ataupun sebagai air untuk sanitasi mesi- mesin untuk proses steril. Persyaratan dari air ini adalah harus bebas bacterial endotoxin dan harus steril.

Proses penyimpanan juga berbeda- beda berdasarkan grade air tersebut, untuk air RW dan FW cukup disimpan di dalam tanki tanpa mengalami proses lebih lanjut, sedangka Purified water harus disimpan dan diputar dengan mekanisme loop system sebelum didistribusikan. Secara periodik air didalam tanki penyimpanan purified water harus dipanaskan dengan temperatur lebih dari 80ºC selama tidak kurang dari 3 jam (parameter ini perlu divalidasi tergantung system pendistribusian dan looping system yang dipakai).

Untuk penyimpanan water for injection harus didalam tanki dan dijaga pada panas lebih dari 80ºC dan diputar dengan looping system, secara periodik dilakukan proses sterilisasi pada pipa- pipa yang dilalui oleh air jenis ini dengan menggunakan clean steam (pyrogen free steam) pada temperatur tidak kurang dari 121ºC selama tidak kurang dari 20 menit.

Begitu pentingnya air untuk produksi obat- obatan, maka monitoring kualitasnya harus dilakukan secara periodik untuk mendapatkan air dengan kualitas yang dipersyaratkan oleh Pharmacopoeia. (bukit_tursina)

Satu Tanggapan

  1. Bila anda menginginkan suatu penjelasa atau uraian mengenai hal- hal yang berkaitan dengan air, tinggalkan pesan dan kita akan dengan senang hati untuk membantu. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: