• Blog Stats

    • 7,498 hits

Mendisain bangunan untuk produksi obat sesuai CPOB

CPOB atau Cara Pembuatan Obat Yang Baik merupakan acuan bagi para investor atau perseorangan yang ingin terjun dalam bisnis manufaktur obat- obatan untuk manusia, baik obat steril maupun non steril. CPOB mengatur cara manufaktur obat dari sisi hardware, software, maupun brainware, standar- standar yang perlu diterapkan didalam aturan CPOB akan menjamin pelaku usaha untuk menghasilkan produk yang diterima oleh pasar domestik maupun pasar internasional. Untuk membantu pelaku usaha di Indonesia agar bisa memproduksi obat- obat yang sesuai dengan aturan baik domestik maupun internasional, penulis Bukit Tursina akan memberikan sharing informasi cara memproduksi obat sesuai dengan CPOB dimulai dari hal yang paling mendasar yaitu pembuatan bangunan produksi berikut detail utility yang men- support proses produksi tersebut. Untuk lebih mengetahui secara mendalam dunia obat- obatan, dibawah ini adalah istilah- istilah yang umum dipakai dalam dunia kefarmasian :

Obat non steril adalah obat- obatan yang proses manufakturnya tidak melibatkan ruangan proses yang steril atau tahapan proses untuk menghilangkan mikroorganisme hidup seperti proses sterilisasi. Yang termasuk dalam obat- obatan non steril adalah kapsul, tablet, sirup kering, salep, serbuk, dan lain- lain.                      

Obat steril adalah obat- obatan yang proses manufakturnya melibatkan ruangan steril, utility steril, maupun tahapan proses untuk menghilangkan mikroba hidup (sterilisasi) yang bisa mengkontaminasi produk yang dimanufaktur.                                                                                                                                                                    

Gedung produksi adalah bangunan tempat dilakukannya proses manufaktur obat- obatan, dimana didalamnya terdapat aktifitas mencampur, mengisi, dan mengemas produk yang dihasilkan.                                                       

Utility atau supporting proses merupakan sistem penunjang yang diperlukan untuk mempermudah proses, mengkondisikan ruangan, maupun menghasilkan bahan pembantu proses, yang termasuk dalam supporting proses ini adalah air untuk proses, udara bertekanan, steam, dan lain- lain yang akan dibicarakan secara detail satu persatu.

Mesin Produksi adalah mesin- mesin yang dipakai untuk melakukan pencampuran, granulasi, pentabletan, pengisian kapsul, pengisian salep, pengisian ke dalam vial, pengisian ke dalam botol, dan lain- lain. Tahapan proses produksi untuk masing- masing bentuk sediaan akan dibahas secara mendetail dalam tulisan ini.

Setelah sedikit mengenal dunia kefarmasian marilah kita tinjau satu per satu referensi atau ilmu pengetahuan yang terkait dengan dunia manufaktur, dan ini akan kita terbitkan secara bersambung. Adapun tema yang akan kita masukkan disini adalah :       

  1. Air untuk Farmasi (Pharmaceutical Water)
  2. Sistem pengendalian udara (HVAC system)
  3. Udara bertekanan (compressed air)
  4. Microbiologi
  5. Teknik formulasi
  6. Validasi
  7. Kallibrasi
  8. Kualifikasi karyawan
  9. Training
  10. Lain- lain.

 

About these ads

3 Tanggapan

  1. Bila anda ingin berdiskusi dengan penulis mengenai hal- hal yang berkaitan dengan industri farmasi, tinggalkan pesan dan komentra dan saya akan bantu anda, terima kasih.

  2. Kami ingin mengajukan prijinan produksi farmasi tetapi kami ingin tahu tentang persyaratan pembangunan gedung produksi, lab dsb sesuai dengan ketentuan CPOB, mohon di bantu untuk ukuran ruangan dan persyaratan yang lainnya.

    terima kasih
    Danang S

    • Mas Danang,

      Anda akan memproduksi obat- obat steril atau non steril? Untuk design building produksi dan QC tergantung jenis produk yang anda produksi.
      Termasuk utility yang diperlukan, Saya punya pengalaman luas untuk men-design building produksi baik untuk sterile maupun non sterile termasuk utility dan QC-nya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: